4 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Hosting Berbayar

In Short : Hosting berbayar kan mahal, jadi lebih baik pilih yang gratis saja. Benarkah demikian ? Yuk, simak pembahasannya.

Berbayar atau Gratis ?

Memiliki website atau blog pribadi tentu menjadi sebuah kebanggan pribadi. Untuk itu kita butuh nama domain dan hosting sehingga website atau blog bisa online.

Bagi yang belum pernah memiliki website biasanya mereka akan bingung memilih antara menggunakan hosting dan domain gratis atau berbayar. Dari antara mereka mungkin ada yang memilih gratis atau ada yang langsung memutuskan menggunakan layanan berbayar.

Mereka yang menggunakan layanan gratis biasanya berpikir bahwa websitenya hanya digunakan untuk belajar sementara, nanti tidak akan dilanjutkan, hanya untuk keperluan blog sederhana, dan yang paling masuk akal karena layanan berbayar itu mahal.

Tapi sebenarnya menggunakan layanan gratis itu sama sekali tidak disarankan. Walaupun hanya digunakan untuk belajar.

Mengapa ? Karena layanan gratis tidak dapat diandalkan.
Alasan Menggunakan Hosting Berbayar

Jadi, inilah 5 alasan mengapa Anda harus menggunakan hosting berbayar :

1. Full Support

Salah satu kelebihan layanan berbayar adalah Anda akan mendapatkan support penuh dari penyedia layanan. Penyedia layanan sebisa mungkin membantu Anda menyelesaikan permasalahan Anda dengan cepat dan tepat.

Kalau hosting gratis bagaimana ? Anda tidak akan mendapat full support. Kalaupun pihak penyedia layanan hosting gratis menyediakan support, tentu mereka akan mengutamakan pelanggan yang berbayar.

Itu artinya, mereka akan menomor duakan pelanggan yang menggunakan jasa layanan gratis. Biasanya mereka akan memberikan jawaban kepada Anda setelah satu hari. Lama kan ?

Apakah itu berefek buruk ? Ya tentu saja.

Bayangkan saja, kalau suatu kali hosting Anda bermasalah dan masalah itu harus segera diselesaikan tapi kalau pihak customer support baru memberikan jawaban satu hari setelah pertanyaan dilayangkan akan jadi repot kan ?

2. Data Anda Aman

Hal yang paling ekstrem menggunakan hosting gratis adalah mereka berhak menghapus layanan Anda sewaktu-waktu tanpa memberikan backup. Dan itu adalah hal yang sah.

Walaupun mungkin hal itu belum pernah terjadi, tetapi hal itu bisa terjadi kapan saja.

Jika yang Anda hosting adalah data yang tidak terlalu penting mungkin itu bukan masalah, tapi jika data Anda penting bagaimana ?

Bagaimana dengan hosting berbayar ? Apakah data dijamin tidak akan hilang ? Ya, dijamin tidak akan hilang kecuali jika itu adalah kesalahan Anda.

Berbeda dengan jasa hosting berbayar. Jika Anda tidak melanggar syarat dan ketentuan maka data Anda akan aman.

3. Performa Lebih Baik

Hosting berbayar mampu menerima visitor lebih banyak daripada hosting gratis. Bahkan, jika Anda pakai hosting berbayar visitor 20 ribu perharipun mampu ditampung.

Bagaimana dengan hosting gratis ? Jangan berharap banyak.

Tahun 2015 saya pernah menggunakan jasa layanan hosting gratis dari Idhostinger sekarang berubah menjadi hostinger.co.id. Yang terjadi adalah website saya tiba-tiba muncul notifikasi bahwa “CPU Exceed”.

Waktu itu saya belum paham soal hal-hal seperti itu. Akhirnya, saya putuskan untuk menayakan pada pihak penyedia jasa layanan hosting dan mereka mengatakan bahwa untuk hosting gratis hanya mampu menerima visitor 200 per hari dengan hits / visitors rate 60%.

Padahal waktu itu website itu yang membuka hanya saya sendiri.

Tapi beda ceritanya saat saya menggunakan jasa hosting berbayar. Suatu kali website saya menerima 1000 visitor selama satu hari tetapi website masih saja online dan dapat diakses dengan lancar.

4. Layanan Berbayar Itu Murah

Kalau ada yang mengatakan layanan berbayar itu pasti mahal maka dia salah.

Hosting harga 10 ribu perbulan sekarang sangat banyak. Fiturnya bagaimana ? Tentu saja fiturnya lebih baik dari hosting gratis. Resource yang diberikan juga lebih baik.

Kalau bingung bagaimana cara memilih hosting yang tepat Anda bisa baca artikel ini.
Tips

Masih bingung juga pakai hosting berbayar atau gratis ? Cara terbaik adalah membandingkannya langsung. Coba bandingkan, 1 bulan menggunakan hosting gratis dan 1 bulan berikutnya menggunakan hosting berbayar.

Melalui itu, Anda akan jauh lebih mengerti perbedaan hosting gratis atau berbayar.

Leave a Comment