Cara Nonton Netflix di Jaringan Indihome

In short : Artikel ini membahas langkah sederhana supaya kita bisa tetap nonton Netflix via Indihome tanpa VPN Gratis

Netflix adalah salah satu situs streaming terpopuler saat ini. Sepertinya saya tidak perlu menulis panjang lebar soal apa itu Netflix dan gimana cara subscribe nya, karena bagi Anda yang mencari artikel ini saya asumsikan sudah paham gimana cara langgananan Netflix.

Nah, permasalahannya kalau Anda pakai IndiHome maka Netflix tidak dapat diakses dari jaringan Anda karena dari ISP memang ada memblokir koneksi ke Netflix.

Apakah kemudian kita tidak bisa nonton Netflix ? Ya, tetap bisa.

Apakah pakai VPN ? Tidak.

Mengapa Tidak Pakai VPN ?

Server Netflix bisa dibilang memang canggih. Kalau Anda berasal dari Indonesia, kemudian IP Anda terdeteksi menggunakan IP diluar Indonesia, maka otomatis Netflix akan memunculkan pesan error yang intinya Anda menggunakan proxy sehingga meskipun Anda dapat mengakses Netflix via Indihome tapi Anda tidak akan bisa nonton film nya.

Ya kalau gitu, tinggal cari VPN Indonesia dong.

Tidak semudah itu juga, saya sudah coba buat VPN pakai server Indonesia saya sendiri dengan protokol OpenVPN tetapi tetap saja, saya tidak bisa akses film di Netflix. Tapi sebelumnya saya sempat pakai VPN sendiri di server Eropa dan berhasil, entah kenapa setelah itu gagal lagi.

Jadi, dari hasil percobaan saya, pakai VPN itu tidak direkomendasikan. Apalagi Anda sampai beli VPN hanya untuk bypass Netflix, itu sih menurut saya buang – buang uang ya.

Gimana Cara Agar Bisa Nonton Netflix Pakai IndiHome ?

Gampang, kita bisa pakai DNS nya CloudFlare.

Apa itu CloudFlare DNS ? Di artikel ini saya tidak jelaskan, karena kalau saya jelaskan akan bisa jadi satu artikel lain.

Singkatnya sih, CloudFlare adalah layanan CDN yang singkatnya lagi dapat mempercepat loading website Anda. Kalau Anda punya website, Anda bisa pakai CloudFlare untuk akselerasi situs Anda.

Selain menyediakan layanan CDN, CloudFlare ini menyediakan DNS gratis yang bisa dipakai oleh siapapun. DNS ini tidak melakukan pemblokiran terhadap situs apapun. Jadi, kalau Anda pakai DNS CloudFlare maka semua situs, apapun, termasuk yang diblokir oleh pemerintah, ISP, dan lain sebagainya tetap akan dapat diakses.

Singkatnya sih seperti itu, tapi teknisnya sekali lagi tidak saya jelaskan terlebih dahulu karena inti artikelnya bukan bahas pembahasan teknis apa itu DNS dan bagaimana proxy bekerja tetapi cara pakainya.

Sekarang kita menuju cara pakainya saja.

Cara Pakai di Android / IoS

Situs resmi dari CloudFlare DNS ini adalah https://1.1.1.1 jadi kalau Anda penasaran, Anda tinggal buka link itu.

Buat Anda pengguna Android / IoS, Anda tinggal buka Play Store atau App Store lalu cari aplikasi namanya 1.1.1.1

Install seperti biasa, dan tampilannya akan seperti ini.

Disitu tombol tersebut digeser dari kiri ke kanan, apabila muncul notifikasi yes atau no bisa dipilih yes saja, dan, selesai.

Silahkan buka Netflix Anda, seharusnya semua film sudah dapat ditonton.

Cara Pakai di Laptop / Komputer

Ini kita bicara di sistem Operasi Windows dulu ya. Kalau Anda pakai Windows, caranya memang sedikit ribet. Tapi, tetap gampang kok.

Anda tinggal buka saja situs berikut https://simplednscrypt.org. Lalu, Anda tinggal sesuaikan apakah Windows Anda 32 bit atau 64 bit. Lalu tinggal download saja softwarenya.

Setelah didownload, install seperti biasa. Pastikan Anda punya akses Administrator ya, karena apabila tidak bisa akses Administrator maka software tidak dapat diinstall.

Kalau sudah, silahkan buka softwarenya dan Anda akan disuguhi tampilan berikut

Dibagian tab service Anda tinggal klik tombolnya dari kiri kekanan, kalau tombolnya sudah hijau seperti gambar berikut

Maka artinya sudah berhasil, dan Anda tinggal buka Netflix, selesai.

Ah, tapi saya pakai GNU / Linux macam Ubuntu atau Fedora nih, gimana cara nya ya ? Saya sudah pernah post, jadi tinggal klik saja link berikut ya https://tekno.gabrieldwi.id/dnscrypt-tools-enkripsi-koneksi-internet/

Bagaimana Saya Tahu Bahwa Aplikasi Bekerja ?

Untuk mengecek apakah aplikasi sudah bekerja sesuai harapan, kita tinggal buka situs https://www.dnsleaktest.com kemudian pilih saja yang Extended Test sebenernya sih pakai Standard Test juga tidak masalah, hanya saja saya lebih suka pakai Extended Test

Kalau hasilnya seperti dibawah ini :

Perhatikan pada gambar yang saya beri kotak merah, artinya DNS CloudFlare bekerja dengan baik dan seharusnya semua website bisa dibuka termasuk Netflix. Pengujian ini bisa dilakukan baik untuk Android / IoS / Windows ya.

Namun, ada beberapa catatan tambahan.

Gambar tidaklah harus seperti yang saya posting di artikel ini ya. Karena apabila Anda menggunakan Windows dan di software Simple DNS Crypt Anda diset untuk menggunakan DNS apa saja yang terdaftar di software tersebut maka setelah dites menggunakan situs https://www.dnsleaktest.com hasilnya bisa berbeda, jadi munculnya tidak CloudFlare tetapi bisa muncul nama lain.

Itu tidak masalah.

Selama yang muncul bukan ISP Telkom seperti berikut :

Maka Proxy Anda bekerja, tetapi apabila yang muncul adalah ISP Telkom maka proxy Anda tidak bekerja.

Apakah Cara Ini Aman dan Legal ? 

Ya, cara ini adalah tindakan yang aman dan legal yang tidak menimbulkan efek negatif apapun. Kalau Anda menggunakan VPN, terkadang kecepatan internet Anda malah akan menurun, apalagi saat Anda menggunakan VPN gratis

Dengan menggunakan proxy seperti ini, kecepatan internet Anda tidak akan mengalami penurunan.

Apakah Ada Perbedaan dengan VPN ?

Ya, DNS Proxy dan VPN adalah kedua hal yang berbeda. Tidak akan saya jelaskan secara rinci, tetapi pada intinya apabila Anda menggunakan VPN maka IP Address Anda akan berubah dan semua koneksi akan dienkripsi di jaringan VPN. Itulah sebabnya terkadang Anda akan mengalami penurunan kecepatan

Apabila Anda menggunakan DNS Proxy seperti pada artikel ini, maka IP Address Anda tidaklah berubah. Sehingga IP Anda tetaplah IP ISP Anda (dalam hal ini tetap IP Indihome). DNS Crypt hanya mengenkripsi DNS saja, tetapi tidak melakukan enkripsi terhadap keseluruhan traffik Anda.

Troubleshooting

Kalau Anda pakai Windows dan menutup aplikasi Simple DNS Crypt, terkadang internet Anda menjadi tidak dapat diakses, kecuali Anda mengaktifkannya lagi.

Tetap tenang, dan jangan panik.

Ini dikarenakan aplikasi bekerja dengan cara mengubah DNS ipv4 menjadi 127.0.0.1. Sehingga, Anda perlu menghapus nya dan mengubah menjadi default.

Caranya tinggal ikuti langkah berikut :

  1. Buka Control Panel Windows Anda
  2. Dibawah menu Network & Internet silahkan klik View Network Status & Task
  3. Klik WiFi aktif Anda seperti gambar berikut :
  4. Klik tombol properties kemudian cari menu Internet Protocol Version 4
  5. Kemudian silahkan setting seperti gambar berikut, dan klik OK selesai

Silahkan dicoba, dan selamat menonton ya. Kalau Anda kendala, silahkan tinggalkan komentar Anda dikolom komentar ya 🙂

Leave a Comment