Cara Optimasi Gambar Website di Linux Server

Cara Optimasi Gambar Website di Linux Server

In short : Artikel ini membahas tentang cara paling mudah untuk mengoptimasi gambar website di linux server

Kita semua tahu bahwa website yang lambat, akan membuat visitor minggat alias pergi dari website kita. Optimasi adalah hal wajib dilakukan oleh semua pemilik website. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi website supaya website tersebut dapat dimuat dengan cepat, misalnya dengan kompresi Gzip, mengaktifkan caching dan lain sebagainya.

Salah satu penyebab website lambat diakses adalah karena gambar website yang tidak dioptimasi. Oleh karena itu, setiap gambar yang kita upload sebaiknya dioptimasi terlebih dahulu agar tidak memberatkan loading website.

Bagaimana Cara Optimasinya ?

Jadi, sekarang pertanyannya adalah bagaimana cara optimasi gambar website ? Ada banyak cara yang bisa dilakukan tetapi eksekusinya tergantung server dan website jenis apa yang kita gunakan.

Poin – poinnya seperti ini :

1. Shared Hosting 

Bila Anda menggunakan shared hosting, Anda dapat menggunakan website semacam TinyPNG. Jadi, sebelum gambar diupload, terlebih dahulu Anda harus mengompressnya lewat website tersebut.

Tapi bila Anda menggunakan CMS WordPress misalnya, Anda dapat memasang plugin semacam WP Smush it. Jadi, ketika Anda upload gambar di WordPress, otomatis gambar Anda akan terkompressi

Bila shared hosting Anda menggunakan LiteSpeed dengan modul LSCache aktif, Anda dapat mengompres gambar melalui plugin LSCache. Untuk panduannya, Anda bisa klik link ini.

2. Server Sendiri

Server sendiri maksudnya adalah Anda menggunakan Virtual Private Server atau yang dikenal sebagai VPS dimana Anda mendapatkan root akses diserver Anda sendiri. Root akses berarti Anda dapat melakukan apa saja di server Anda.

Sebenarnya kita bisa menggunakan cara nomor 1 meskipun kita pakai server sendiri. Tetapi masalahnya adalah apa yang harus dilakukan bila website kita tidak menggunakan CMS dan gambar diwebsite kita jumlahnya ribuan ?

Apakah kita harus mengompresinya satu per satu melalui situs TinyPNG ? Ya jelas saja, tidak. Hal tersebut akan sangat melelahkan, membosankan, dan membuat Anda frustrasi.

Jadi, Tools Apa yang Bisa Kita Pakai ?

Untungnya, diluar sana banyak orang baik yang menciptakan tools yang mempermudah hidup kita termasuk kompresi gambar otomatis dari linux server.

Nama tools tersebut adalah jpgoptimum dan OptiPNG. Sesuai namanya, jpgoptimum digunakan untuk kompresi jpeg atau jpg sedangkan kalau OptiPNG digunakan untuk kompresi PNG.

Panduan Installasi dan Penggunaan JPEGOptimum

1. Cara memasang JPEGOptimum pada

RedHat Based OS

yum -y install jpegoptim

Debian Based OS 

apt-get install jpegoptim

2. Cara menggunakan tools jpegoptimum

Sintaknya adalah jpegoptim namafile.jpeg atau jpegoptim namafile.jpg. Disini kita juga bisa menambahkan opsi lain dengan tambahan seperti berikut jpegoptim [options] namafile.jpg

Apa saja opsinya ? Silahkan ketik man jpegoptim untuk daftar perintahnya

3. Kompress banyak file

Bagaimana bila file gambarnya ribuan ? Mudah saja, gunakan perintah ini :

find /direktori/tujuan/gambar/ -type f -name "*.jpg" -exec jpegoptim --strip-all {} \;

Cara tersebut adalah cara yang digunakan untuk mengompresi gambar tanpa menghilangkan kualitas atau biasa disebut sebagai losslessly compression

Tetapi Anda juga bisa menggunakan paramater -m[%] untuk menentukan kualitas gambar. Jadi, perintahnya akan jadi seperti ini

find /direktori/tujuan/gambar/ -type f -name "*.jpg" -exec jpegoptim -m 80 --strip-all {} \;

Parameter -m dapat diisi dari angka 0 (paling jelek) hingga 100 (paling bagus). Metode kompres seperti ini disebut juga dengan lossy compress atau menurunkan kualitas gambar

Apakah cara tersebut dapat scan semua direktori didalam image ? Ya, bisa. Jadi misalnya dalam folder /wp-content/images masih terdapat folder lagi, maka dengan cara diatas semua folder didalam /wp-content/images/ akan terkompresi juga

Panduan Penggunaan OptiPNG

1. Cara memasang OptiPNG untuk

RedHat Based OS

yum -y install optipng

Debian Based OS 

apt-get install optipng

2. Cara Menggunakan OptiPNG

Cara menggunakan OptiPNG, sebetulnya sama seperti jpegoptimum. Perintahnya adalah optipng namafile.png. Disini kita juga bisa menambahkan opsi lain dengan tambahan seperti berikut optipng [options] namafile.png.

Seperti biasa, kalau kita ingin melihat semua opsi optipng, kita bisa gunakan perintah man optipng

3. Kompres banyak file

Kita dapat kompres banyak gambar .png dengan cara [ losslessy compression ]

 find /direktori/tujuan/gambar/ -type f -name "*.png" -exec optipng {} \;

Sebagai catatan, bila saat installasi muncul tulisan bahwa paket jpegoptim atau optipng tidak ada (untuk sistem operasi berbasis RedHat), maka terlebih dahulu install yum -y epel-release.

Nah, bagaimana ? Caranya mudah bukan ?

Selamat mencoba 😉

2 thoughts on “Cara Optimasi Gambar Website di Linux Server”

Leave a Comment