Cara Verifikasi Paypal Tanpa Kartu Kredit dan VCC

In short : Artikel kali ini akan membahas pengalaman saya pribadi verifikasi akun Paypal tanpa menggunakan kartu kredit dan virtual credit card. Ternyata, caranya sangat mudah dan gratis menggunakan BNI VCN.

Artikel ini tidak langsung menjelaskan bagaimana cara verifikasinya. Artikel ini menjelaskan secara poin ke poin apa itu paypal, apa itu unverified dan verified paypal baru dijelaskan langkah verifikasinya.

Jadi, buat kamu yang penasaran bagaimana cara verifikasi Paypal dengan VCN BNI, silahkan langsung scroll ke bawah.

Apa itu Paypal ?

Menurut Wikipedia Paypal adalah perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos.

Sudah jelas apa masih bingung ? Kalau masih bingung berarti sama. Saya juga masih bingung dengan definisi dari Wikipedia.

Simplenya, Paypal adalah perusahaan yang menjembatani kita supaya kita bertransaksi diluar negeri menggunakan beberapa jenis kurs baik itu dollar Amerika, Euro dan lain sebagainya.

Bertransaksi ini bukan cuma bayar saja, kita juga bisa menerima pembayaran melalui Paypal. Misal kamu punya online shop dengan target bule, nah kan tidak mungkin bule itu bayar ke kamu pakai rupiah kecuali bule itu tinggal di Indonesia, karena itu, salah satu cara yang bisa kita gunakan adalah menggunakan paypal tadi.

Bagaimana saya bisa dibayar dan bagaimana saya membayar ?

Mudah, kita hanya perlu daftar di situs Paypal. Ingat, Paypal ini adalah perusahaan dengan kebijakan ketat, jangan sampai memasukkan data – data yang tidak valid.

Masukkan saja data sesuai KTP.

Jangan takut, Paypal tidak akan mencuri privasi kita. Semua data yang dimasukkan aman.

Nah, pada proses registrasi, kita akan diminta untuk memasukkan alamat email. Alamat email inilah yang kemudian menjadi alamat rekening kita. Karena itu jangan memasukkan email palsu atau email yang tidak bisa diakses.

Pastikan email yang kamu masukkan adalah email yang valid dan kamu memiliki akses ke email tersebut. Mengapa harus gitu ? Ya, Itu untuk memudahkan transaksi dan supaya tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Untuk melalukan pembayaran, kita hanya perlu masuk mengisi saldo paypal, kemudian masuk ke akun yang sudah kita buat, kemudian bayar sesuai tagihan.

Untuk menerima pembayaran atau terima saldo dari orang lain, maka orang yang ingin kirim uang hanya perlu memasukkan alamat email yang kamu gunakan di Paypal.

Jadi, kesimpulannya adalah dengan menggunakan Paypal kita bisa beli barang diluar negeri (bayar pakai kurs mereka) dan terima uang dari luar negeri (pakai kurs mereka juga).

Apa itu Unverified dan Verified Paypal ?

Akun Paypal, terbagi menjadi dua yaitu unverifed dan verifed. Saat kamu daftar untuk pertama kalinya, maka status akun paypalmu adalah unverified atau belum terverifikasi.

Apa maksudnya ?

Akun yang belum terverifikasi atau unverified sebetulnya juga bisa digunakan untuk transaksi baik tambah saldo, terima uang, atau pembayaran.

Namun, ada banyak limitasinya.

Masalah pertama ialah diluar negeri, tidak semua toko online terima pembayaran akun yang belum terverifikasi. Ada sangat banyak toko online yang mengharuskan pembelian melalui akun paypal yang sudah terverifikasi.

Masalah kedua ialah transaksi kamu dibatasi baik untuk penarikan saldo (withdrawal), pembayaran (mengirim uang) dan menerima uang.

Untuk pengguna baru memang batasnya masih bisa ditoleransi. Tapi, masalahnya adalah tidak semua toko online mau menerima paypal yang belim terverifikasi.

Jadi, kalau kamu ingin memfungsikan Paypal dengan maksimal, maka kamu harus memverifikasinya.

Bagaiamana Caranya ?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan kartu kredit, menggunakan virtual credit card (VCC) menggunakan VCN BNI.

Kalau kamu punya kartu kredit, mudah saja, tinggal masukkan informasi yang dibutuhkan di menu yang telah disediakan. Beres.

Permasalahannya adalah mengurus kartu kredit bukanlah yang hal mudah, bank akan mempertimbangkan banyak hal saat nasabahnya request pembukaan kartu kredit.

Ketentuan bank itulah yang susah dipenuhi, sehingga banyak orang enggan menggunakan kartu kredit apalagi untuk mahasiswa yang belum punya pekerjaan tetap atau gaji tetap yang memenuhi syarat pembukaan kartu kredit.

Oke, berarti kartu kredit kita skip dulu.

Cara selanjutnya ialah pakai virtual credit card. Seperti namanya, virtual credit card berarti kamu akan mendapatkan nomor kartu kredit virtual meskipun kamu tidak punya kartu kredit sama sekali.

Cara bikinnya gimana ? Untuk pakai kartu kredit virtual, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 80.000 untuk aktivasi selama satu tahun, Rp 120.000 untuk aktivasi selama dua tahun.

Kalau dipikir – pikir ini sebetulnya murah.  Tapi mengeluarkan uang sebanyak 80 ribu sampai 120 ribu juga akan terasa kalau pendapatan masih minim.

Pertanyaannya apakah VCC itu mesti bayar ? Yang gratis ada tidak ? Kalau niat googling dan niat klik satu – satu sih mungkin kamu akan ketemu dengan layanan yang menyediakan free VCC.

Tapi, tidak ada jaminan bahwa vcc yang kamu gunakan akan aman. Bisa saja dikemudian hari Paypal blokir akunmu gara – gara menggunakan VCC gratis.

Pakai VCN BNI

Nah, langkah gratis untuk verifikasi paypal tanpa kartu kredit ialah dengan menggunakan VCN BNI.

Layanan ini benar – benar gratis dan aman.

Kamu tidak perlu bikin kartu kredit, tidak perlu bikin VCC tapi kamu hanya perlu buka rekening BNI. Untuk melakukan verifikasi Paypal syaratnya adalah :

  1. Pastikan kamu memiliki akses untuk melihat mutasi rekening. Tidak masalah apakah kamu pakai rekening koran atau internet banking
  2. Pastikan BNI SMS bankingmu aktif

Kalau kedua hal ini sudah dipenuhi, maka siap – siaplah karena sebentar lagi akun Paypalmu akan terverifikasi.

Cara verifikasi Paypal pakai rekening BNI gimana ? Nah, ini dia caranya :

  1. Silahkan silahkan kirim sms ke 3346 dengan isi “REQ VCN 30000” (tanpa tanda petik). Nominal yang disarankan di beberapa forum memang 30 ribu. Nantinya, 30 ribu ini bisa dikembalikan oleh Paypal
  2. Kamu akan mendapatkan detail nomor VCN 16 digit serta kode CVV
  3. Selanjutnya, masuk ke Paypal, kemudian klik link a card
  4. Pilih Master Cards
  5. Masukkan data sesuai sms yang dikirimkan
  6. Cek mutasi rekening, perhatikan disitu ada tulisan PP*kode 4 digittCODE
  7. Setelah ketemu, silahkan masukan 4 digit kode di form yang diminta Paypal
  8. Kalau langkah 1 – 7 benar, maka selamat Paypal kamu telah terverifikasi

Nah, masa berlaku VCN ialah dua tahun, sehingga nanti kalau mau habis, tinggal diupdate lagi.

Sangat mudah bukan ? bahkan kita bisa verifikasi Paypal gratis tanpa kartu kredit.

Kalau misalkan kamu belum paham tentang apa itu VCN, silahkan baca artikel di http://www.bni.co.id/id-id/ebanking/bnidebitonline

Bagaimana Cara Isi Saldo ?

Untuk isi saldo, sebenarnya paling mudah dilakukan lewat kartu kredit. Tapi dibeberapa artikel dan forum, disebutkan bahwa kita bisa menggunakan cara yang telah saya tuliskan tadi untuk mengisi saldo.

Saya belum pernah mencobanya, sehingga saya belum tau apakah ini berhasil atau tidak.

Tapi, kamu bisa isi saldo paypal lewat website yang menyediakan jasa jual beli saldo paypal. Kamu bisa pakai situs semacam http://saldopp.com/ .

Kok sarannya kesitu ? Ada afiliasi ya ?

Tidak, saya tidak ada afiliasi.

Tetapi sejauh yang saya tau, saldo pp ini memberikan rate dan perhitungan dengan jelas dan menggunakan rekber sehingga transaksi dijamin keamanannya.

Kesimpulan

Memverifikasi Paypal bukan hal yang sulit. Hanya dnegan beberapa langkah, maka Paypalmu akan terverifikasi.

Ya, jadi, selamat mencoba. Kalau ada yang bingung atau ada informasi atau ada bagian yang keliru atau belum ditambahkan diartikel ini, monggo untuk dikoreksi 😀

Akhirnya, selamat mencoba 😀

 

Note : Bila Anda mengalami kebingunan, Anda dapat bertanya atau berbagai informasi dikolom komentar. Tapi, jangan lupa untuk mengunjungi website ini kembali karena komentar pasti saya balas. Bila ingin berkomunikasi secara personal, jangan sungkan untuk menghubungi saya melalui Facebook.

 

42 thoughts on “Cara Verifikasi Paypal Tanpa Kartu Kredit dan VCC”

  1. Apakah 1 rekening bni kita dapat digunakan untuk verifikasi multiple akun paypal? Jika saya request 30 vcn apakah dapat saya gunakan untuk verifikasi 30 akun paypal

    Reply
    • Hallo,

      Mohon maaf atas keterlambatan membalas komentar. Menerima dan menarik dana bisa, tetapi ada limitasinya. Hanya saja saya lupa berapa limitasinya, nanti coba Googling saja ya

      Semoga membantu 🙂

      Reply
  2. hallo min, terimakasih buat postingannya, sangat membantu.
    mau tanya nich..
    apa setiap transaksi Paypal (penarikan dan penerimaan uang) melalui VCN BNI dikenakan biaya administrasinya?

    Reply
  3. Saya masih belum paham,
    Saya ini kan mau beli jurnal international, di websitenya hanya ada pilihan pembayaran dengan kartu kredit. Sementara saya ga punya kartu kredit. Bisa ga pake paypal?
    Karena di website hanya ada metode pembayaran dengan kartu kredit. Thanks

    Reply
  4. Saya masih belum paham,
    Saya ini kan mau beli jurnal international. Di websitenya hanya ada pilihan metode pembayaran dengan kartu kredit. Sementara, saya ga punya kartu kredit. Bisa ga saya bayar dengan paypal?

    Note: Di website cuma ada pilihan metode pembayaran dengan kartu kredit.

    Reply
  5. gan yang CSC nya itu diisi angkaa sesudah vcn kan ? yang tulisan cvc itu kan ?
    saya sudah mengikuti intruksi diatas tapi gagal gan tulisannya “this card is not accepted, please use different card” . minta solusinya gan

    Reply
    • Halo mas,

      Iya, CVC mas. Harusnya sih bisa. Coba dicek lagi mas, apakah data yang dimasukkan sudah benar atau belum. Kalau tidak bisa, berarti memang MasterCards tidak diterima di web tersebut.

      Webnya apa ya mas ?

      Reply
  6. Kalau menggunakan VCN BNI kalau tidak salah hanya berlaku untuk 1 jam saja, apakah nantinya paypal tidak akan meminta kode lagi setelah kode VCN BNI tidak berlaku lagi setelah 1 jam ?

    Reply
    • Halo mas,

      Nah, pengertiannya bukan seperti itu mas. Jadi begini, nomor VCN itu hanya bisa dipakai maksimal setelah 1 jam sejak request berhasil. Tapi, bila VCN tersebut sudah digunakan (sebelum satu jam) maka dia akan aktif kurang lebih 1-2 taun (saya lupa tepatnya berapa)

      Reply
  7. Bagaimana kalau daftar paypal tanpa kartu kredit dan cvv ! Apakah bisa buat transaksi , contoh buat beli pulsa ??

    Reply
    • Halo,

      Sebetulnya daftar Paypal tanpa kartu kredit bisa. Hanya saja, sebagian besar toko online luar negeri mengharuskan pembelinya menggunakan paypal yang sudah verified (sudah mendaftarkan kartu kredit / debit VISA / MasterCards)

      Bisa tidak digunakan transaksi ? Tergantung toko online yg kita tuju. Kalau toko online tersebut tidak mengharuskan kita pakai paypal yang sudah terverifikasi ya berarti bisa, bila tidak, maka tidak bisa.

      Terima kasih telah berkunjung 🙂

      Reply
  8. Wahh mantep mas artikelnya.. Abz bca ini jd punya solusi.. Mksh atas artikelnya yg sngat membantu.. Saya akan coba step by step yg mas anjurkan mudah”an aku paypal saya bsa terverifikasi…

    Reply
  9. Nah kalau sudah berhasil, uang yang sudah masuk ke saldo apakah langsung dikonversi ke Rupiah, mas? Terus apakah langsung masuk ke rekening? Terima kasih mas misalnya komentar saya dijawab, bagus banget artikelnya soalnya 🙂

    Reply
  10. Saya sudah coba pakai VCN BNI dan kirim sms malah dibalas ini
    BNI SMS BANKING:12/10/2018 05:57 Maaf, perintah yang Anda ketikkan salah. Info:hub BNI Call 1500046 atau Cabang BNI terdekat.
    Jadi gimana ya?

    Reply

Leave a Comment