CDN Gratis dari Inxy : 10 GB Free Bandwidth

In short : Pada artikel ini saya menjelaskan langkah – langkah untuk mendapatkan CDN gratis dari Inxy sebesar 10 GB per bulan

Apa itu CDN ?

CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network atau jaringan distribusi konten. Nah, singkatnya, dengan menggunakan CDN, static file bisa dideliver lebih cepat karena lokasi lebih dekat dengan visitor.

Untuk mengetahui lebih jauh soal CDN, saya sudah menuliskannya di artikel ini

Apa itu Inxy ?

Inxy merupakan perusahaan web hosting yang berdiri sejak 2006. Inxy memiliki dua website yaitu inxy.host dan inxy.hosting. Yah, entah mengapa mereka menggunakan eksetensi domain .host dan bukan pakai .com atau .net

Layanan yang disediakan oleh inxy adalah Dedicated Server, VPS dan CDN. Untuk layanan CDN mereka membagi menjadi dua jenis yaitu EU+USA dan World.

EU + USA maksudnya adalah CDN hanya melayani dua lokasi tersebut. Untuk benua Asia akan dilayani di bagian World. Dari segi harga, EU + USA jauh lebih murah daripada yang World.

Bagaimana Dengan CDN Gratisnya ?

Inxy memberikan 50 GB Bandwidth CDN gratis untuk lokasi EU + USA, sedangkan untuk World (target seluruh dunia) Inxy memberikan 10 GB bandwidth CDN gratis.

Kalau blog belum terlalu ramai dan ingin mencoba CDN, maka 10 GB ini lebih dari cukup.

Menariknya adalah 10 GB bandwidth ini bukan per akun tapi per domain. Jadi, satu domain atau subdomain mereka memberikan 10 GB bandwidth. Besar bukan ?

Jika penggunaan lebih dari itu maka harga yang harus dibayar per giganya untuk World adalah $0.0781. Harga ini tergolong murah.

CDN Berbasis Pull CDN bukan Reverse Proxy

Oh ya, perlu diketahui metode CDN Inxy host berbeda dengan CloudFlare.  CloudFlare menggunakan metode reverse proxy sedangkan Inxy menggunakan Pull CDN. Karena menggunakan metode reverse proxy, maka CDN tidak menyembunyikan IP asli seperti pada CloudFlare.

Cara kerja Pull CDN adalah dengan menarik semua konten web statis ke server mereka, sehingga nanti bisa didistribusikan ke visitor berdasarkan lokasi terdekat dari visitor.

Cara Kerja CDN Pull Ini Gimana ?

Cara kerjanya adalah dia akan menggantikan alamat origin server (konten statis) atau server asli dengan alamat CDN mereka.

Jadi misalnya, jika gambar website saya awalnya berada di https://tekno.gabrieldwi.id/wp-content/uploads/2018/02/pablo-4.png maka setelah saya register di layanan Inxy, maka saya akan mendapat url tertentu sehingga gambar website saya diload dari sini https://p3v2x3d5.inxycdn.host//wp-content/uploads/2018/02/pablo-4.png.

Membingungkan ? Jika ya, tidak usah bingung, karena dibawah ini saya akan menjelaskan bagaimana cara setupnya di CMS populer yaitu WordPress.

Cara Mendapatkan CDN Gratis di Inxy

Berikut adalah langkah – langkah mendapatkan CDN gratis dari Inxy :

1. Buka situs Inxy

Silahkan buka situs Inxy.host. Kemudian daftar disitu. Daftarnya juga mudah, kita tidak perlu memasukkan nomor kartu kredit atau semacamnya.

Jika ada email masuk, silahkan konfirmasikan dan selesaikan pendaftaran.

2. Order CDN

Kemudian buka menu Product > CDN

Cara Mendapatkan CDN Gratis dari Inxy

Setelah itu pilih menu lokasi. Perhatikan, jika target visitor adalah Asia, Eropa, Amerika dan lain sebagainya, maka gunakan World, jika target visitor adalah Eropa atau USA saja maka gunakan EU + USA.

Nah, karena visitor saya berada di Indonesia maka saya pilih World.

Kemudian pilih yang paling atas yaitu yang free.

Kemudian pilih Start Using CDN Now.

Setelah itu konfigurasikan pilihan sesuai dengan kebutuhan.

Friendly name masukkan saja nama yang mudah diingat. Kemudian, cdn.hostname.com masukkan saja cdn.namadomainkamu.tld.

Kalau sudah silahkan klik tombol create.

3. Aktifkan CDN

Setelah tombol create sudah diklik, tunggu sampai CDN diaktifkan. Kemudian klik pada CDN tersebut, lalu arahkan pada menu hostname klik pada advanced

Perhatikan pada bagian service url, disitu kamu akan mendapatkan url sesuai dengan nama yang telah kamu buat tadi.

Nah, url itulah yang akan mereplace url static website dengan url cdn.

Seperti yang sudah saya contohkan diatas, maka jika images berada pada url namadomain.com/images.png, maka silahkan ubah url tersebut menjadi hostname.inxy.host (sesuaikan dengan yang ada di Inxy).

Bagaimana cara mengubahnya ? Kalau pakai WordPress, gunakan menu CDN kemudian masukkan url disitu. Kalau tidak menggunakan plugin cache, kamu bisa menggunakan plugin cache enabler dari KeyCDN.

Kesimpulan

Inxy CDN adalah CDN gratis yang diberikan oleh inxy.host. Setiap CDN yang dibuat, kamu mendapatkan 50 GB free bandwidth untuk traffic dari EU + USA, sedangkan 10 GB free bandwidth untuk traffic dari semua lokasi.

Apa kelebihan dari Inxy Host ?

Kelebihannya adalah bandwidth yang cukup besar. Sehingga bisa digunakan dengan leluasa meskipun itu adalah free service.

Kelebihan kedua adalah kamu bisa mendapatkan support layaknya premium akun. Jika ada pertanyaan, kamu bisa buka tiket dan akan dibalas antara 1 – 2 jam. Jadi, jika ada kendala, maka itu bisa diselesaikan dengan cepat.

Kelebihan ketiga adalah untuk minimun creditnya adalah $5. Jadi kalau mau pakai CDN premium dari mereka, minimal top upnya cuma $5. Sangat bersahabat bukan ? Karena untuk CDN lain minimalnya bisa $10 atau $20 atau lebih dari itu.

Apa kekurangan dari Inxy Host ?

Menurut saya kekurangannya adalah headernya susah dipahami. Sehingga, saya tidak tahu dari datacenter mana konten statis saya didistribusikan. Kita juga tidak bisa cek bagaimana status konten statis kita, apakah itu sudah di cache, miss, revalidated atau bagaiamaa.

Nah jadi bagaimana ? Tertarik mencoba ?

 

Leave a Comment