Cerita tentang Hacker Gadungan yang Akhirnya Mengaku !

Post ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya, untuk membaca silahkan klik link berikut

Dipost ini saya mengatakan bahwa, saya menanyai orang yang membuka jasa hack Facebook dan Instagram. Jadi percakapannya seperti ini :

S untuk saya, A untuk akun tersebut

S : “Hai. Buka jasa hacking ?”
A : “Iya kak. Ada yang bisa dibantu ?”
S : “Bisa hack apa aja nih ?”
A : “Biasa permintaan paling banyak fb sama ig. Kk butuh apa ?”
S : “Fb aja deh. Berapa nih ?”
A : “Boleh kak. Fee hack nya 150rb pulsa simpati kak”
S : “Nomornya ?”
A : “Prosesc 1×24 jam”
S : “Pasti bisa ga ?”
A : “Pasti bisa kak…. Gak ada yg gak bisa di hack”
S : “Oh, gitu yaa. Mekanismenya gimana ? Ga paham komputer” sih.
A : “Cukup kasi nama fb nya aja ato email fb nya kak. Kita ngerjainnya pake software”
S : “Bayarnya gimana ? Oh jadi otomatis ?”
A : “Via pulsa simpati kak”
S : “Ga ada bank ya ?”
A : “1×24 jam dari pembayaran  saya kasi pasword fb yg di hacknya ke kk. Pulsa aja kak”
S : “Oh gitu. Kalo km kabur gimana dong ?”
A : “Melayang deh duit 150k”
S : “Dp dulu kak boleh 100rb… Testi2 bisa dilihat di ig kita”
A : “Nipu nih keknya. Lu tau Linux ga ? Buktikan kalo km bisa hacking. Nomor km mana ? Ntr aku trf. Gimana ? Mau ga nih ? Kalau sukses ku bayar tinggi deh” (Pada poin ini saya sudah cukup kesal)
S : “Waduh ni mau pake jasa saya kok malah nuduh nipu. Kalo gak percaya sama saya boleh ke toko sebelah aja ya”
(Tidak puas dengan jawab itu, jadi percakapan saya lanjutkan)
A : “Oke. Jadi begini, untuk mengetes kemampuanmu coba jelaskan. Kamu hacker kan ? Biar ga ada tuduhan yang ga jelas coba sini buktikan. Jawab yah. (memberikan pertanyaan)
1. Apa itu Linux
2. Apa itu GNU / Linux dan bedanya sama Linux itu apa
3. Gimana compile sebuah aplikasi dr sourcenya
4. Kmrn ada masalah sama sudo, bisa jelasin ?
Kalau ga bisa  fix kamu bukan hacker. Hacker kok main pake jasa Insta pake pulsa lagi, pake bitcoin, pake pulsa. Hacker dr mana dah ini (maksudnya adalah hacker kok paymentnya pakai pulsa tidak pakai bitcoin yang notabene lebih aman karena tidak ada identitas dan tidak bisa dilacak). (Saya membuat beberapa pertanyaan lagi). Tau code igniter ga ? Atau bisa menguasai bahasa pemrograman ? Td bilang semua sistem bisa dihack ? Ga masuk akal kamu ya. Hacker beneran ga show up di Insta. Hacker beneran kalo dapet vuln, mereka report dapet deh tu bounty. Gede lho, sampe puluhan hingga ratusan juta. Lah, elu malah maen kek ginian, bayar 150 rb. Hacker dari HongKong. Hacker kok pake aplikasi, itu aplikasinya jangan” run di Windows. Wah, ga jaman [1]. Hacker create their own tools, and most of them create run in GNU / Linux. Lah km tau GNU / Linux apa kaga jg ga dijawab. Tau manajemen paket Debian ga ? Bedanya sama RHEL apa. Dah ah. Km ga usah main kek ginian. Ini tk screenshoot aja kali ya wkwkwl. Hayo dijawab. Bisa nggak. Ah, kutulis diblog pribadi ah”
A : “Monggo ditulis yg lengkap ya diblog nya. Hihihihihi”
S : “Jadi bantuin hack ga nih ? Seriusan ku bayar”
A : “Gak lah saya gak ngerti linux… Masi cupu [2]. Tlg ulas aja diblog pibadi km ya.”

Berikut Tangkapan  Layar Percapakannya

Penjelasan Tambahan

Berikut beberapa penjelasan tambahan tentang percakapan saya  :
1. Tidak bermaksud menjelekkan sistem operasi Windows, tetapi kebanyakan hacker menggunakan GNU / Linux sebagai sistem operasi utama. Windows juga bisa dijadikan alat untuk hacking tapi mengingat Windows adalah closed – source maka hacker akan kesulitan untuk memodifikasi sistem operasi (Wilders Security).

2. Saya juga bukan orang yang paham betul tentang Linux maupun GNU / Linux, saya hanya pemakai regular.

Diatas saya bertanya beberapa hal tentang Linux, saya pikir tidak baik jika saya bertanya tetapi tidak menjawabnya. Jadi, berikut jawaban atas pertanyaan saya :

1. Apa itu Linux ?
Jawab : Linux adalah kernel yang ditulis oleh Linus Torvalds dan diperkenalkan tahun 1991. Kernel adalah program komputer yang mengatur permintaan akan input/output dari perangkat lunak, dan menerjemahkannya ke dalam instruksi-instruksi pada CPU, ataupun komponen elektronik lainnya dalam sebuah komputer (Wikipedia). Tanpa kernel, sistem operasi tidak akan bekerja.

2. Apa perbedaan Linux dan GNU / Linux ?
Jawab : perbedaannya ialah Linux adalah kernel sedangkan GNU / Linux adalah sistem operasi. Lengkapnya, GNU / Linux adalah sistem operasi gratis dengan Linux sebagai kernelnya. GNU digagas oleh Richard Stallman dan diperkenalkan ke publik pada 27 September 1983.

3. Bagaimana mengcompile aplikasi dari sumbernya (menggunakan GNU / Linux)
jawab : Untuk mengcompile, bisa dilakukan dengan perintah “sudo ./configure”, “sudo make” dan “sudo make install”. Untuk mengcompile, dokumentasi aplikasi juga perlu diperhatikan

4. Kemarin ada masalah dengan sudo, bisa jelaskan ?
Jawab : Maksudnya adalah perintah sudo ternyata memiliki celah dengan nomor CVE-2017-1000367. Namun hal ini sudah diperbaiki oleh pengembang distro.

5. Apa manajemen paket yang digunakan oleh Debian ? Apa perbedaannya dengan RHEL ?
jawab : Manajemen paket yang digunakan Debian adalah dpkg, APT, Aptitude, synaptic, tasksel dan dkpg-deb. Sedangkan manajemen paket yang digunakan RedHat Enterprise Linux (RHEL) adalah RPM atau RPM Package Manager, YUM atau Yellowdog Update Modifier dan DNF atau Dandified Yum. Perbedaanya, jelas bahwa penggunaan manajamen paket Debian dan RPM-based berbeda.

Mengapa Saya Bertanya Soal Linux ?

Seorang hacker kebanyakan menggunakan GNU / Linux sebagai sistem operasi mereka. Sehingga, tidak mungkin bila hacker ahli tidak paham tentang pertanyaan mendasar tentang Linux.

Kesimpulan

Berhati – hatilah dalam menggunakan media sosial dan jangan terpancing dengan kata – kata “hacker”.

Referensi

Paket Manajemen Debian – Debian

Paket Manajemen RHEL – Red Hat 

Tentang DNF  – Fedora

Why Do Hackers Prefer Linux Over Mac Windows and Other Operating System – Wilderssecurity

 

5 thoughts on “Cerita tentang Hacker Gadungan yang Akhirnya Mengaku !”

  1. Kalau yang saya tangkap setelah membaca keseluruhan isi post ini adalah antara Penanya dan Yang Di Tanya sama-sama tukang Show-Off. Si Penanya merasa sok pintar dan si Yang Di Tanya juga sok pintar. Jadi kesimpulannya, kalian berdua itu sama saja sih.

    Tapi lumayan baca ini bisa jadi hiburan menjelang buka puasa. Semoga dengan hidayah Idul Fitri ini hati dan pikiran kalian berdua bisa dibuka kembali.

    Salam.

    1. Hallo,
      Terima kasih atas komentarnya. Jika saya sok pintar, sepertinya mas tidak memerhatikan dua poin saya yaitu :
      1. Saya juga bukan orang yang paham betul tentang Linux maupun GNU / Linux, saya hanya pemakai regular. (tertulis diatas)
      2.Dan bagi rekan – rekan saya yang sering bertanya “Gab, kamu bisa hack ini itu ga ?” Jawabannya jelas, tidak bisa. Saya bukan hacker, saya tidak memahami bahasa pemrograman apapun karena itu bukan minat saya. Yang paling penting saya juga tidak ingin dan tidak berniat jadi hacker. (tertulis dipost saya yang sebelumnya)

      Dari dua poin tersebut, apakah ada indikasi bahwa saya sok show off ? Saya tidak mungkin show – off karena saya bukan programmer atau ahli IT.

    1. Hallo mas Joko,
      Iya, tujuannya memang itu sih. Siapa tau dengan membaca artikel ini, mereka yang awalnya percaya dengan jasa hacking bisa lebih berhati – hati lagi.

      Terima kasih komentarnya mas Joko
      Sukses selalu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *